Strategi Pemasaran Yang Paling Efektif dan Menguntungkan

Strategi Pemasaran Yang Paling Efektif dan Menguntungkan

riffart.com-Berbicara tentang berbagai jenis strategi pemasaran, tampaknya sederhana, karena kebanyakan orang masih memulai bisnis mereka dengan asumsi bahwa promosi dan pemasaran sangat mudah, yang mereka lakukan hanyalah beriklan di media dan calon pelanggan akan datang. Faktanya, strategi pemasaran tidak sesederhana itu, dan pada kenyataannya strategi pemasaran sangat kompleks. Apalagi di era digital dimana media yang banyak ditonton orang bukan hanya radio, koran atau televisi.

Jika dalam beberapa cara konvensional strategi pemasaran dibagi menjadi beberapa bagian, terlebih lagi di era digital dimana media yang ada sangat beragam.Tentu saja, akan ada lebih banyak strategi pemasaran yang harus dilakukan. Sebagai seorang pengusaha, Anda harus bekerja keras untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis Anda.

Strategi Pemasaran yang Paling Efektif

1. SEO ( Search Engine Optimization )

SEO adalah proses mendapatkan traffic dari hasil pencarian organik di mesin pencari yang terkait erat dengan pemasaran konten dan bahkan membantu menentukan apakah konten tersebut berkualitas. Konten yang memenuhi optimisasi mesin pencari (SEO)  akan menempati peringkat pertama dalam hasil pencarian.

2. Cloud Marketing

Cloud marketing ialah bentuk pemasaran digital yang disesuaikan dan terintegrasi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Cloud marketing juga akan menyediakan semua sumber daya dan aset perusahaan di dunia internet. Strategi pemasaran ini merupakan bentuk dasar dari penjualan online. Tujuannya adalah untuk dapat menjangkau pelanggan anda di mana pun mereka berada, apakah mereka melakukan aktivitas di media sosial, memeriksa email mereka, atau mengunjungi situs web anda.

Setiap pelanggan pasti akan lebih memilih kampanye iklan yang membuat pengalaman mereka lebih personal. mengapa? Karena berbagai kampanye iklan yang ada di dunia saat ini hampir semua pelanggan mendapatkan pengalaman yang sama dan tidak ada perbedaan.

3.  Internet Marketing

Seperti namanya, internet marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan teknologi internet. Internet marketing bertujuan untuk menarik perhatian konsumen melalui pemanfaatan media sosial, website dan email . Strategi ini dapat diterapkan melalui iklan berbayar, konten berkualitas tinggi atau publikasi sederhana di media online.

Biasanya, satu postingan yang diunggah ke Internet dapat diakses oleh ratusan bahkan jutaan orang di seluruh dunia. Dengan pemasaran online, dari mana pun bisnis anda berasal, anda memiliki peluang untuk menarik perhatian pelanggan dalam skala besar.

4. Email Marketing

Sesuai dengan namanya, strategi pemasaran ini akan menggunakan email sebagai media periklanan. Umumnya mereka yang menggunakan cara ini akan mengirimkan email ke calon klien atau pelanggan setia. Tujuannya agar dapat memperkenalkan produknya kepada konsumen baru, memberikan informasi produk yang paling up-to-date, dan menjalin hubungan yang baik dengan konsumen. Email marketing merupakan strategi yang efektif karena mampu membangun personal relationship dan email promosi bisa langsung masuk ke inbox calon pelanggan.

5. Pemasaran Augmented Reality

Strategi pemasaran augmented reality berfokus pada penyediaan pengalaman pelanggan yang unik dengan memanfaatkan teknologi terbaru. Augmented reality adalah metode pemasaran yang digunakan dengan menambahkan komponen digital yang memungkinkan pelanggan untuk melihat produk secara langsung dengan bantuan kamera saja. Dalam suatu kegiatan pemasaran, perusahaan yang menggunakan teknologi ini biasanya membuat pelanggannya mencoba produk perusahaan secara virtual sebelum akhirnya melakukan pembelian.

6. Referral

Anda mungkin sudah sering mendengar atau menggunakan strategi pemasaran ini. Program referral merupakan strategi yang sangat membutuhkan peran konsumen dan calon konsumen. Yaitu, dengan cara mendorong mereka untuk  memberikan informasi dan memberitahu ke masyarakat di  sekitar mereka tentang produk atau layanan tertentu.

7. Inbound Marketing

Inbound marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang dibuat untuk membuat pengalaman pelanggan menjadi lebih berharga dan akan memberikan hasil yang positif di dunia bisnis anda. Agar hal ini sesuai dengan tujuan, ada banyak langkah yang harus dilakukan, dan langkah-langkah ini dibagi menjadi tiga fase utama, yaitu ketertarikan, keterlibatan, dan kegembiraan.

8. Content Marketing

Mengutip dari situs resmi Forbes, content marketing merupakan salah satu strategi pemasaran dalam memproduksi dan mendistribusikan konten yang relevan, lebih bernilai dan konsisten guna menarik perhatian target konsumen. Namun, pemasaran konten bukan hanya tentang memproduksi konten untuk pelanggan yang haus informasi. Neil Patel berpendapat bahwa content marketing juga memiliki tujuan dalam hal membangun hubungan baik dengan konsumen dalam jangka panjang. Oleh karena itu, anda harus menghasilkan konten yang relevan sehingga audiens merasa membutuhkan dan memiliki hubungan emosional yang kuat dengan konten yang pada akhirnya anda buat.

9. Search Engine Marketing ( SEM )

Search engine marketing atau pemasaran mesin pencari adalah bentuk pemasaran internet yang dilakukan untuk meningkatkan visibilitas situs web di halaman mesin pencari dengan kegiatan promosi situs web. Dengan kata lain, anda dapat membeli lalu lintas dengan membayar mesin pencari seperti Google. Strategi pemasaran ini sangat efektif karena mesin pencari yang ada telah diakses oleh banyak orang, untuk mencari informasi dan ulasan tentang produk dan layanan. Dengan menggunakan strategi pemasaran mesin pencari, pemasar akan dapat meningkatkan kemungkinan pelanggan potensial mengunjungi situs ketika mencari informasi tertentu.

11. Social Media Marketing

Pemasaran media sosial adalah upaya pemasaran produk yang menggunakan platform media sosial. Saat ini, pelanggan di seluruh dunia juga cenderung mencari produk atau layanan mereka melalui media sosial, tidak hanya di mesin pencari. Dengan mendatangi pelanggan dan berinteraksi dengan mereka melalui media sosial, akan memberikan dampak positif yang sangat besar bagi bisnis Anda.

Setelah anda mengetahui berbagai jenis strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan saat ini, kini saatnya untuk memilih salah satu yang paling sesuai dengan perusahaan anda, kemudian cermati efektifitas strategi pemasaran anda. Selain itu, jangan lupa untuk terus mengevaluasi dan mengelola secara berkala, terutama keuangan bisnis anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.