Tips Mempertahankan Bisnis Di Tengah Pandemi

Tips Mempertahankan Bisnis Di Tengah Pandemi

riffart.com-Bisnis di masa pandemi sedang gencar digalakkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari masyarakat membuat masker, hand sanitizer, dll untuk bertahan dari pandemi ini. Namun, selain banyak startup baru, banyak juga pengusaha lama yang berusaha sangat keras untuk mempertahankan bisnisnya.

Tidak jarang banyak bisnis yang akhirnya gulung tikar akibat pandemi dan perubahan ekonomi global. Banyak dari mereka yang tidak dapat mempertahankan usahanya pada di era pandemi ini, sehingga mereka harus gulung tikar  dan tidak dapat melanjutkan bisnisnya .

 Tips Mempertahankan Bisnis di Tengah Pandemi

1. Berpikir Kreatif

Memikirkan bisnis di masa pandemi memang sudah sangat sulit. Apalagi di zaman sekarang ini dimana para pebisnis harus benar-benar pintar mencari cara untuk memasarkan produk-produk berkualitas yang berbeda dengan yang ada di pasaran pada umumnya. Pengusaha juga harus tahu bisnis apa yang cocok dan tepat untuk saat ini.

Misalnya, orang dapat menganggap industri makanan modern itu sehat dan mengenyangkan. Atau anda juga bisa berbisnis pakaian. Dengan cara ini, bisnis akan terus berjalan dengan baik.Anda juga dapat memilih alternatif usaha selama epidemi lain untuk bertahan dan beradaptasi dengan ide baru. Pemula harus dapat membaca tentang peluang usaha yang sangat dibutuhkan di masa pandemi yang sulit ini untuk mengamankan ekonomi.

2. Memeriksa Kondisi Keuangan

Tidak ada yang dapat memastikan kapan pandemi akan berakhir. Selama pandemi belum berakhir, perekonomian tidak akan kembali normal. Tentunya hal ini akan mempengaruhi kelangsungan bisnis anda. Lakukan pemeriksaan mendalam terhadap kondisi keuangan perusahaan. Salah satu hal penting yang perlu anda periksa adalah kondisi likuiditas alias cash on hand.

Likuiditas seperti darah dalam tubuh.Jika kondisi likuiditas tidak aman, masa depan bisnis juga terancam. Coba hitung besar kecilnya tingkat likuiditas bisnis, berapa lama anda bisa mendukung bisnis anda dalam situasi tanpa penghasilan? Idealnya, anda masih memiliki uang tunai untuk operasi selama 12 bulan ke depan. Jika kurang dari itu, maka anda perlu mempertimbangkan untuk mengamankan likuiditas agar dapat menopang bisnis anda di tengah krisis Corona ini.

3. Mengurangi Resiko Dan Dampak Pada Bisnis

Ketika kita membahas bagaimana bertahan dalam kondisi saat ini, hal yang penting untuk diperhatikan adalah meminimalkan efek buruknya. Oleh karena itu, pastikan bahwa anda telah meminimalkan semua potensi risiko sebelum anda mengambil bisnis sehingga Anda dapat menarik lebih banyak konsumen.

4. Inovasi Produk Dalam Bisnis yang Anda Jalankan

Dengan adanya perubahan kebutuhan masyarakat dapat menjadi suatu ide atau peluang baru untuk usaha yang dijalankan. Salah satunya dengan membedakan produk sesuai kebutuhan pasar saat ini.

5. Strategi Digital Marketing

Di era digital saat ini, berjualan online merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis yang anda jalani. Saat berjualan online tentunya dibutuhkan juga strategi untuk bisa menghasilkan penjualan, dimulai dengan menggunakan platform online seperti e-commerce, marketplace dan media sosial untuk menawarkan menjual produk.

  13 Tips Agar Bisnis Reseller Sukses dan Menguntungkan

Saat memilih platform online yang tepat, anda dapat mulai memilih dari kebutuhan bisnis anda hingga konsumen atau audiens target bisnis anda. Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan beberapa platform periklanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda dengan anggaran kerja yang dapat anda tetapkan.

6. Terus Promosikan Secara Online

Di masa sulit ini, tentu saja memasarkan produk secara offline akan membuat stres. Apalagi jika anda tidak bisa lagi membayar pekerja dan biasanya melakukan pekerjaan untuk anda. Tidak ada salahnya mencoba peruntungan dengan sistem internet dalam berbisnis di masa pandemi anda bisa agresif memasarkan produk unggulan di media sosial anda atau melakukannya di pasar yang anda percaya. Semuanya bisa dilakukan di media sosial tanpa mengeluarkan modal yang besar, namun hasilnya memuaskan.

7.Pikirkan Tentang Harga Yang Wajar

Di masa pandemi yang sulit ini, anda juga perlu memikirkan apa yang paling dibutuhkan semua orang. Mungkin sekarang orang akan berpikir untuk membeli barang yang lebih murah. Ada baiknya berbisnis di masa pandemi dengan menjual barang-barang kebutuhan dengan harga yang wajar.

Jika anda bisa melakukan itu, barang dagangan anda pasti akan tetap ada selama pandemi meskipun keadaannya sulit. Anda bisa mulai mencari supplier yang lebih murah agar bisa menjualnya dengan harga murah.

8.Perhatikan Tren Pasar

Bagi anda yang juga ingin tetap mempertahankan usahanya di masa pandemi di era ini, ada baiknya mempertimbangkan tren atau konsep pasar yang harus diikuti. Semakin banyak anda mengetahui tentang tren saat ini dan penjualan produk tersebut dengan harga murah, tentu masyarakat akan melihatnya.

9. Cari Bahan yang Mudah Dibuat Untuk Dijadikan Produk Baru

Bagi orang ini, dirasa perlu, apalagi bagi anda yang tidak memiliki banyak modal. Anda tinggal mencari bahan yang murah dan mudah didapat. Dari situ, diperlukan permainan kreatif agar produk bisa laris manis dan tetap eksis di masa pandemi.

Itulah beberapa tips mempertahankan bisnis ditengah pandemi . Diperlukan Kesabaran dan pantang menyerah untuk menghadapi masa pandemi ini . Semoga Bermanfaat

Check Also

Tips Sukses Menjadi Affiliate Marketing 2022

Tips Sukses Menjadi Affiliate Marketing 2022

riffart.com-Saat ini ada banyak cara untuk mendapatkan uang dengan mudah. Salah satu cara untuk mendapatkan …

Tips Sukses Memulai Usaha Laundry dari Nol Untuk Pemula

Tips Sukses Memulai Usaha Laundry dari Nol Untuk Pemula

riffart.com-Salah satu bisnis di bidang jasa yang dapat dipilih adalah usaha laundry. Jenis usaha ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published.