Cara Sukses Bisnis Percetakan Untuk Pemula

Cara Sukses Bisnis Percetakan Untuk Pemula

riffart.comCara sukses bisnis percetakan untuk pemulaBisnis percetakan mulai muncul secara besar-besaran setelah komputer menjadi populer. Banyak kebutuhan masyarakat umum dan bisnis dapat terpenuhi lebih cepat dengan bisnis jasa ini.Selain modernisasi dan digitalisasi, bisnis cetak tetap bersinar dan tidak pudar. Bahkan semakin berkembang karena kebutuhan masyarakat dan menjadi peluang bisnis yang menarik. Namun, sebelum memulai bisnis, anda harus memahami seluk beluk bisnis.

Pernahkah anda membutuhkan jasa percetakan, tetapi sangat sulit untuk menemukan jasa percetakan yang layak dan pelayanan yang baik di sekitar tempat tinggal anda? Bahkan, banyak orang yang tidak menganggap usaha percetakan seperti ini, karena menganggap bisnis ini sulit untuk dikelola. Sebenarnya usaha ini juga tidak mudah, namun jika melihat manfaat yang bisa didapatkan, pasti akan membuat anda berpikir dua kali.

Cara Sukses Bisnis Percetakan Untuk Pemula

Sekarang saatnya untuk melanjutkan dengan memulai bisnis percetakan itu, terutama jika sangat sulit untuk menemukan jasa percetakan di sekitar tempat tinggal anda. Namun sebelumnya,  Jika anda sudah siap dengan modal sebesar itu,berikut tips dan cara memulai bisnis percetakan

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Bisnis percetakan merupakan bisnis yang sebagian besar memiliki target pasar offline, sehingga penting untuk mencari lokasi yang strategis untuk mendirikan tempat kerja. Pastikan tempat kerja anda berada di tengah keramaian seperti kantor, kampus, sekolah, dll karena bisnis, karyawan, dan pelajar adalah target utama Anda. Pilih juga lokasi di pinggir jalan besar dan ramai dikunjungi orang, sehingga mudah terlihat dan mudah dijangkau oleh pejalan kaki.

2. Optimalkan niche dengan Google My Business

Di zaman modern ini, pastikan untuk menggunakan platform untuk meningkatkan situs web bisnis anda. Dengan Google My Business, lokasi bisnis anda dapat dipromosikan oleh Google Maps, sehingga memudahkan konsumen saat mencari layanan cetak. Selain itu, pelanggan anda juga dapat memberikan review atas layanan anda, sehingga awareness dan kredibilitas bisnis anda meningkat. Platform ini tentunya dapat memudahkan anda untuk berpromosi dan meningkatkan pengunjung Anda.

3. Pahami Bisnis Percetakan Lebih Spesifik

Untuk mendirikan usaha percetakan, anda harus mengetahui berbagai teknik dan bahan yang dibutuhkan. Anda harus tahu kertas apa yang dibutuhkan untuk mencetak buku, majalah, poster, dll. Kemudian juga elastis untuk bahan spanduk. Pastikan anda sudah mengetahui jenis kertas dan flex apa yang harus dimiliki dan berapa harga yang harus dibayar untuk membelinya. Anda harus belajar lebih banyak dengan mencari di internet atau belajar dari seseorang yang ahli dalam tipografi.

3. Pelajari Tentang Mesin Percetakan

Setelah memahami proses dan alur bisnis percetakan, anda juga perlu mengetahui harga dan spesifikasi mesin cetak yang akan dibeli. Namun jangan heran, mesin cetak spanduk bisa berharga ratusan juta rupiah, sehingga anda harus memprioritaskan sebagian besar modal anda untuk membelinya. Sedangkan untuk merk mesinnya ada Infiniti, Roland, Mimaki, Riccon Konica yang bisa jadi pilihan, tinggal pilih seri yang sesuai kebutuhan dan budget.

5. Jelajahi Marketplace Online

Meski bisnis percetakan masih identik dengan pasar offline, sebaiknya anda juga menjajaki pasar online agar lebih fleksibel. Banyak konsumen mungkin juga lebih suka memesan spanduk secara online dan mengirimkannya setelah selesai. Jadi anda harus membuat platform untuk melayani mereka, seperti menggunakan marketplace atau media sosial. Menggunakan marketplace juga memiliki banyak keuntungan, seperti penawaran gratis ongkos kirim, cashback, dan transaksi yang memudahkan anda dan konsumen anda.

  Tips Sukses Memulai Usaha Laundry dari Nol Untuk Pemula

6. Promosi

Nah ini dia proses yang paling penting dan harus kamu lakukan yaitu upgrade. Jika anda baru saja membuka bisnis tetapi tidak diperkenalkan kepada orang-orang, tidak ada yang akan tahu tentang bisnis baru anda. Jadi anda harus menyiapkan budget yang cukup besar untuk mempromosikannya, karena keuntungan yang anda dapatkan akan sangat mengesankan. Untuk pertama kalinya, anda dapat menawarkan diskon dan promosi menarik lainnya. Pastikan promosi yang anda tawarkan dapat menarik orang untuk menggunakan layanan anda.

7. Jangan Menolak Permintaan

Perusahaan percetakan pasti akan melakukan pemesanan sebelum dibuat atau made to order, karena tidak semua orang akan mencetak spanduk dengan ukuran dan desain yang sama. Jadi jika ada permintaan dari konsumen yang menyulitkan, bisa dibicarakan baik-baik untuk mencari kompromi. Misalnya, jika konsumen ingin mencetak spanduk besar dengan desain yang rumit tetapi tidak ingin menunggu lama, tawarkan solusi yang saling menguntungkan.

8. Berikan Layanan Terbaik

Percetakan adalah perusahaan yang menjual jasa. Demi kelangsungan bisnis Anda, berikan pelayanan terbaik. Perlakukan pelanggan dengan baik dan tulus. Ikuti juga apa saja yang menjadi kehendaknya. Terutama dalam hal desain. Tidak semua orang memiliki selera desain yang sama dengan Anda. Jadi, ikuti saja desain yang diinginkan konsumen meski tidak bagus untuk Anda.Gunakan bahan terbaik untuk menghasilkan produk percetakan. Tujuannya tentu saja untuk menghasilkan produk dengan kualitas terbaik.

Kualitas inilah yang dicari oleh pelanggan perusahaan percetakan. Tidak sedikit orang yang rela membayar lebih untuk kualitas yang lebih baik.Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, bisnis percetakan banyak melayani pesanan sesuai permintaan. Pastikan Anda dapat memberikan pelayanan terbaik dan membuat konsumen nyaman. Berbicara dengan ramah dan sopan serta memberikan referensi dan solusi jika pelanggan merasa bingung.

Jika layanan Anda menyenangkan, reputasi bisnis Anda juga akan baik. Sehingga klien Anda dengan senang hati akan merekomendasikan pekerjaan Anda kepada orang lain dan mereka dapat menguntungkan bisnis Anda.

9. Pertahankan dan Tingkatkan Usaha Percetakan

Bukan hanya bisnis percetakan, bisnis apa pun yang anda jalankan harus dipertahankan bahkan ditingkatkan. Kunci dari bisnis percetakan adalah waktu yang cepat, sehingga anda harus menambah mesin dan staf percetakan agar dapat menerima pesanan lebih banyak saat penghasilan anda besar. Tentunya Anda juga harus menjaga pelayanan agar ekspektasi konsumen terhadap bisnis anda tidak rusak, apalagi jika Anda sudah memiliki pelanggan setia. Selalu evaluasi pekerjaan anda untuk menghindari penurunan kualitas.

10. Jangan Pernah Menyerah

Membuka bisnis sudah merupakan tugas yang sulit dan berbahaya, jadi tidak semua orang mau berpikir untuk berbisnis. Namun, jika anda bertekad untuk menjalankan bisnis percetakan ini, anda tidak boleh menyerah begitu saja dan menikmati setiap prosesnya. Nyatanya, akan ada banyak pemikiran dan pengambilan keputusan yang harus anda ambil, bahkan keputusan tersebut bisa berakhir baik atau bahkan buruk. Nah, di sinilah mentalitas anda akan terbangun dan membuat anda tangguh dan pantang menyerah.

 

 

Check Also

Tips Sukses Menjadi Affiliate Marketing 2022

Tips Sukses Menjadi Affiliate Marketing 2022

riffart.com-Saat ini ada banyak cara untuk mendapatkan uang dengan mudah. Salah satu cara untuk mendapatkan …

Tips Sukses Memulai Usaha Laundry dari Nol Untuk Pemula

Tips Sukses Memulai Usaha Laundry dari Nol Untuk Pemula

riffart.com-Salah satu bisnis di bidang jasa yang dapat dipilih adalah usaha laundry. Jenis usaha ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published.