Tips Ampuh dan Sukses Usaha kuliner di Pinggir Jalan

Tips Ampuh dan Sukses Usaha kuliner di Pinggir Jalan

riffart.comTips ampuh dan sukses usaha kuliner di pinggir jalan. Seiring dengan perkembangan tren bisnis, usaha kuliner pinggir jalan mulai tumbuh dan berkembang pesat. Kuliner pinggir jalan merupakan salah satu bisnis yang potensial. Namun, pada kenyataannya, usaha di pinggir jalan tidak selalu berjalan mulus. Ada juga usaha yang gagal dan hanya bertahan beberapa bulan. Tentunya hal ini menjadi pertimbangan bagi anda yang ingin atau sedang memulai bisnis kuliner pinggir jalan, terutama untuk memilih jenis masakan dan cara mengembangkan bisnis tersebut.

Tips Ampuh dan Sukses Usaha Kuliner di Pinggir Jalan

Usaha kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang tidak akan pernah surut dari waktu ke waktu. Alasannya sederhana, makanan merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Tak heran jikausaha kuliner selalu berkembang dari tahun ke tahun. Setiap orang memiliki keinginan untuk terjun ke bisnis ini. Namun, tidak semua orang mengerti bagaimana memulai usaha kuliner tersebut. Berikut tips usaha kuliner dari riffart.com

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi adalah faktor terpenting bagi keberhasilan atau kegagalan bisnis anda. Jika ingin berjualan di pinggir jalan, pilihlah area yang ramai, seperti dekat pasar, stadion, pusat perbelanjaan, dll.Bisnis seperti jualan kuliner makanan, gorengan sangat cocok jika didirikan di dekat tengah keramaian, sehingga pelanggan akan mengerti dan menjangkau daerah anda dengan mudah.

2. Pastikan Usaha Kuliner Anda Sudah Memiliki Izin Resmi

Indonesia adalah negara hukum. Artinya, segala sesuatu yang dilakukan warga negara harus berdasarkan aturan hukum. Termasuk memulai bisnis. Saat memulai bisnis, izin diperlukan. Tujuannya agar pemerintah memastikan bahwa bisnis Anda legal, tidak beroperasi di sektor ilegal, dan adapat dipertanggungjawabkan.Pastikan untuk mendatangi  ke kantor perizinan di daerah anda untuk mengurus izin usaha kuliner anda.

3. Tempat Usaha Bersih dan Nyaman

Tempat berjualan tidak harus mewah, yang utama pelanggan harus betah dan mulai nyaman berada di tempat usaha anda. Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah kebersihan, bersama dengan tempat yang bersih akan membuat konsumen betah, terutama jika anda menjual makanan, kebersihan adalah hal yang mutlak.
Saat ini, tempat makan bukan hanya sekedar tempat makan.

Namun, banyak tempat makan yang berlomba-lomba menciptakan lokasi komersial yang menawarkan keindahan dan kenyamanan. Hal ini tentunya membuat konsumen betah berlama-lama makan di tempat kerja yang bersih dan nyaman. Tidak hanya itu, jika tempat usaha anda bersih dan nyaman, tidak menutup kemungkinan bagi pelanggan untuk mengajak keluarganya atau bahkan memberi isyarat kepada temannya untuk makan di bisnis kuliner anda. Oleh karena itu, rancang tempat usaha anda seindah dan sekreatif mungkin sehingga menjadi tempat unik yang menawarkan kenyamanan dan kebersihan.

4. Harga Menu Terjangkau

Persaingan bisnis di pinggir jalan begitu ketat sehingga anda menyadari sendiri bahwa saat ini di pinggir jalan pasti ada beberapa tempat kerja yang menjual barang/makanan yang sama. Cara menentukan harga jual suatu produk merupakan bisnis kuliner pinggir jalan yang ampuh dan sukses untuk dipertimbangkan.  Perlu Anda ketahui bahwa bisnis yang sukses tidak hanya memiliki harga yang murah, tetapi juga nyaman dan sebanding dengan produk yang ditawarkan

  Peluang Usaha Frozen Food Untuk Pemula Tahun 2022

5. Layanan dan Promosi

Jika anda ingin mendapatkan pelanggan tetap, anda harus memberikan pelayanan prima yang meliputi kesopanan, keramahan, sapaan dan senyuman. Selain pelayanan prima, promosi juga penting.Promosi berarti memberi tahu orang-orang tentang bisnis kita. Promosi termurah adalah memasang spanduk dengan semua yang tersedia di usaha  anda.

6. Promosi yang Menarik

Promosi adalah cara untuk mengenalakan bisnis anda kepada publik . Promosi yang efektif akan mampu menarik pembeli dalam jumlah banyak dan membuat bisnis anda laris. Perlu untuk melakukan Promosi melalui media dan jejaring sosial. Anda juga bisa menggunakan cara seperti membuat spanduk yang bisa menarik perhatian pengguna jalan atau calon konsumen anda.

7. Berikan Layanan Delivery Order

Di era mobilitas ini, banyak orang yang sangat bergantung pada layanan pesan antar. Mereka yang sibuk dan memiliki pekerjaan yang menumpuk akan memilih cara ini daripada langsung pergi ke tempat makan waktu dan harus mengantri dengan pelanggan lain. Lihat juga cara mengelola keuangan minimarket. Untuk itu memberikan layanan delivery order kepada konsumen. Anda bisa bekerja sama dengan transportasi online seperti Gojek dan Grab untuk mengakomodir upaya pengembangan layanan ini.

8. Inovatif dan Kreatif

Inovatif dan kreatif selalu menjadi dua hal yang harus selalu dikembangkan. Terutama di bidang kuliner, terutama dari segi rasa dan tampilan. Apalagi seiring dengan tren makanan yang hadir dan diinginkan oleh masyarakat, selalu berubah. Bisa dikatakan, anda harus kreatif dan inovatif agar usaha anda tetap disukai dan tidak tergerus oleh makanan yang sedang populer dan hits saat ini.

 

Potensi usaha kuliner pinggir jalan masih sangat menjanjikan. Bisnis ini juga berpotensi dilakukan oleh banyak kalangan, baik ibu rumah tangga, maupun pelajar. Tentunya tidak menutup kemungkinan usaha tersebut akan terus berkembang seiring dengan tingkat mobilitas dan pertumbuhan penduduk .

Itulah tips sukses yang bisa Anda ambil untuk mengembangkan bisnis penjualan pinggir jalan Anda dan menghasilkan keuntungan. Selain lima tips di atas, masih banyak hal lain yang bisa Anda temukan sendiri saat memulai bisnis.

 

Check Also

Cara Memulai Usaha Tas Sendiri

Cara Memulai Usaha Tas Sendiri

riffart.com-Ada banyak cara membuka usaha tas sendiri yang bisa anda terapkan, misalnya buka toko di …

9 Peluang Usaha Yang Belum Banyak Pesaing

9 Peluang Usaha Yang Belum Banyak Pesaing

riffart.com– Sebagai seorang pemula, memilih peluang usaha yang tidak memiliki banyak pesaing merupakan salah satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published.