Tips Jitu Agar Usaha Jastip Sukses

Tips Jitu Agar Usaha Jastip Sukses

riffart.comTips jitu agar usaha jastip sukses-Dengan kemajuan teknologi saat ini, berbisnis menjadi lebih mudah dengan dukungan media sosial. Salah satu usaha yang sedang naik daun adalah usaha jasa titip atau yang lebih dikenal dengan “Jastip”.Jastip bisa dilakukan untuk pembelian barang dalam negeri maupun luar negeri. Layanan ini diperlukan bagi masyarakat yang memiliki akses terbatas untuk membeli barang yang diinginkan. Biasanya jastip ini ditawarkan secara online melalui media sosial seperti Instagram, Facebook atau WhatsApp. Manfaat jastip diperoleh dari kenaikan harga barang atau pengenaan tarif atas jastip itu sendiri.

Tips Jitu Agar Usaha Jastip Sukses

Dengan modal yang tidak banyak, bisnis jastip bisa menghasilkan omzet yang menguntungkan . Selain itu, melakukan usaha ini juga menarik dan peluang bisnis nya juga mudah dilakukan bahkan untuk seorang pelajar atau mahasiswa sekalipun.Namun, menjalankan jastip tidak boleh sembarangan. Ada tips yang bisa digunakan untuk menjalankan usaha jastip tersebut.Berikut tips nya

1. Pelajari  konsep Jasa Titip

Beberapa dari anda mungkin masih belum mengerti apa itu jasa titip. Ini adalah layanan untuk pembelian barang tertentu dengan menambahkan nilai (biaya) pada barang tersebut.Konsumen akan melakukan pemesanan terlebih dahulu atas barang yang ingin dibeli oleh penyedia jasa, kemudian konsumen akan membayar harga barang tersebut ditambah dengan biaya jasa titipan dan biaya pengiriman (ongkos kirim).Dengan demikian, bisnis jasa titip sedikit berbeda dengan reseller, karena biasanya penyedia jasa titip hanya menjual barang jadi dan tidak membeli barang kecuali ada pesanan dan uang muka dari pembeli.

2.Lakukan Riset Pasar

Bisnis apa pun, termasuk bisnis jastip, hal pertama yang harus anda lakukan jika ingin memulai adalah melakukan riset pasar.Hal inilah yang perlu dilakukan untuk mengetahui produk mana yang cocok dengan target pasar anda. Pada saat yang sama, anda juga harus memperhatikan tempat berbelanja produk. Usahakan untuk mencari tempat berbelanja yang mudah dijangkau dan memiliki pilihan produk yang beragam dengan harga yang murah.
Setelah anda membuat penargetan, akan lebih mudah bagi anda untuk mengidentifikasi produk yang mereka butuhkan. Selain memilih target pelanggan, anda juga dapat memilih toko atau lokasi untuk berbelanja.

3. Modal

Hal pertama yang harus anda dapatkan dengan cepat adalah memiliki modal. Meskipun anda dapat menetapkan aturan untuk membayar di muka, biaya tambahan seperti biaya bahan bakar dan biaya parkir tetap diperlukan. Selanjutnya jika anda menyediakan jasa titip dari luar negeri, tentunya anda akan membutuhkan biaya tambahan untuk mengajukan visa guna mempersiapkan dana tambahan untuk hal-hal yang tidak terduga seperti overloading  atau muatan yang berlebihan dan biaya cukai pajak atas barang titipanmu.

4. Pilih Kategori

Sebelum memulai bisnis jastip, tentukan dulu jenis merchandise atau barang  yang akan anda jual. Tentunya barang-barang tersebut memiliki nilai, seperti pakaian, perawatan kulit, atau makeup.Sebelum membuka perusahaan jastip, lakukan riset pasar terlebih dahulu untuk memilih jenis barang atau brand yang menguntungkan untuk dijual. anda bisa menjual satu jenis atau beberapa jenis barang sekaligus.

5. Kerjasama dengan Supplier

Menjalin koneksi dengan outlet atau gerai akan mempermudah dalam melakukan pembelian karena anda dapat menekan outlet untuk memprioritaskan  ketersedian stok produk , sehingga tidak perlu berebut pembeli lain.

6. Atur Jadwal

Saat membuka usaha jastip, anda harus multitasking dan pandai mengatur waktu saat berbelanja, mengemas, dan mengirimkan produk. Jangan sampai pengemasan dan pengiriman produk terbengkalai atau terlambat membelanjakan pesanan dari pembeli. Karena itu mempengaruhi evaluasi dan kepuasan mereka.

  Bisnis Online Tanpa Modal dan Terbukti Membayar

7. Mencari Informasi

Saat menjalankan usaha jastip, anda harus selalu memperhatikan stok produk karena perputaran barang dagangan yang cepat dan tren yang selalu berubah.

8. Berikan Informasi  Lengkap

Informasi proses transaksi, contact person dan estimasi barang bagi konsumen sangat diperlukan. Jika anda menyediakan layanan di luar negeri, sertakan informasi tentang jadwal keberangkatan dan kedatangan di negara asal anda serta perkiraan pengiriman produk itu sendiri. Dengan begitu, konsumen akan semakin percaya dengan layanan simpanan yang anda berikan.

9. Manfaatkan Media Sosial

Untuk menarik pembeli, pelaku usaha jasa titip harus rajin mempromosikan produknya di media sosial. Anda dapat mengoptimalkan penggunaan hashtag di setiap unggahan gambar produk anda dan memanfaatkan fitur Instastory dan konten sponsor yang disediakan Instagram.

10.Maksimalkan Strategi Penjualan

Selalu pastikan untuk menemukan cara untuk menarik pembeli yang tertarik. Selain berpromosi melalui aplikasi chatting dan media sosial, tidak ada salahnya memberikan layanan di e-commerce.Ada banyak situs e-commerce yang mendukung biaya pengiriman. Sehingga menguntungkan bagi pihak penyedia jasa kurir dan pembeli.

11. Transparansi Harga

Transparansi harga sangat penting bagi konsumen. Karena dengan menyampaikan informasi harga secara lengkap dan transparan, konsumen akan menjadi lebih tertarik dan mempercayai usaha anda. Anda bisa melakukannya dengan menuliskan harga asli produk dan harga tip di komentar katalog produk di media sosial anda. Jangan memasang biaya terlalu tinggi, karena tentunya konsumen mencari harga terbaik.

12.Menjaga Kepercayaan Konsumen

Jika anda menerapkan uang muka, bangun kepercayaan konsumen. Karena bisnis Jastip rentan terhadap penipuan, baik dari penyedia layanan maupun pembeli. Jadi kepercayaan dari keduanya sangat penting untuk perkembangan bisnis.

13. Pilih Layanan Pengiriman Terpercaya

Memilih jasa pengiriman yang handal sangat penting untuk bisnis jastip. Apalagi jika barang titipan berasal dari luar negeri, tentunya anda akan kesulitan jika menggunakan jasa yang kurang baik sehingga berisiko tinggi terhadap barang anda. Untuk menghindarinya, pastikan menggunakan jasa pengiriman yang aman dan terpercaya

14.Berikan Layanan Terbaik

Untuk setiap bisnis, baik produk atau layanan, memberikan layanan terbaik adalah kunci kesuksesan. Hal ini tentunya juga berlaku pada bisnis jstip, dimana pelakunya bertugas untuk membeli suatu barang yang diinginkan konsumen. Pastikan Anda menanggapi pesan konsumen dengan respon yang cepat dan ramah serta siap menghubungi anda saat konsumen menemui masalah atau membatalkan pesanannya.

Pada dasarnya, untuk menjadi sukses, anda harus dapat dipercaya dan mau mengeksplorasi barang-barang potensial untuk dimasukkan ke dalam katalog usaha anda. Selain itu, anda juga dituntut untuk selalu aktif di media sosial dalam memasarkan produk dan tentunya memberikan pelayanan yang terbaik, agar konsumen puas dan repeat order.Semoga Bermanfaat

Check Also

Cara Memulai Usaha Tas Sendiri

Cara Memulai Usaha Tas Sendiri

riffart.com-Ada banyak cara membuka usaha tas sendiri yang bisa anda terapkan, misalnya buka toko di …

9 Peluang Usaha Yang Belum Banyak Pesaing

9 Peluang Usaha Yang Belum Banyak Pesaing

riffart.com– Sebagai seorang pemula, memilih peluang usaha yang tidak memiliki banyak pesaing merupakan salah satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published.