5 Peluang Usaha dan Bisnis di Desa yang Menjanjikan

5 Peluang Usaha dan Bisnis di Desa yang Menjanjikan

riffart.com-Sebagian dari kita mungkin berpikir bahwa bisnis yang paling menjanjikan yaitu berada di perkotaan. Ternyata tidak demikian, banyak sekali peluang bisnis yang bisa kita jalankan di desa. Buktinya banyak kisah sukses pengusaha desa yang bisa kita baca dari berbagai media.

Pendapat bahwa peluang di kota lebih baik memang ada benarnya dan ada juga yang tidak. Jika anda ingin naik ke jenjang karir dan bekerja di perusahaan besar, ya. Karena bisnis besar dan gaji tinggi biasanya di kota.Namun, desa ini juga memiliki peluang yang sangat potensial, yaitu dengan membuka usaha dan bisnis sendiri. Asalkan kita mau berusaha dan belajar mengembangkan diri untuk maju.

Membuka usaha di desa sangat memungkinkan, karena pesaing relatif sedikit, dapat mempermudah dalam pencapaian kebutuhan konsumtif  masyarakat di desa, karena sebagian besar masyarakatnya masih kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari karena stok yang terbatas sehingga harus mencari barang atau jasa tersebut di kota. Penduduk desa atau kampung adalah orang yang luwes dalam menerima sesuatu yang baru.

Kawasan pedesaan juga lambat laun merasakan kebutuhan untuk mengubah arah modern atau urban sehingga membutuhkan perubahan dan inovasi yang berbeda. Berbagai alasan tersebut cukup ampuh untuk meyakinkan anda untuk segera membuka peluang usaha di desa. Tapi, masalah yang mungkin muncul adalah anda bingung mau buka usaha apa di desa.

5 Peluang Usaha di Desa yang Menjanjikan

Membuka usaha di desa sangat memungkinkan, karena pesaing relatif sedikit, dapat mempermudah dalam pencapaian kebutuhan konsumtif  masyarakat di desa. Berikut Tips nya

1. Toko Alat dan Bahan Pertanian

Peluang usaha yang potensial di desa adalah jenis usaha dimana anda berperan dalam menjual barang atau bahan yang dibutuhkan kepada penduduk desa.Misalnya di desa, mata pencahariannya relatif sebagai petani dan mereka harus membeli kebutuhan pertanian seperti alat dan bahan pertanian di kota.

Dengan latar belakang tersebut, anda bisa memanfaatkan kesempatan untuk menjual peralatan pertanian di desa sehingga warga tidak perlu berpergian jauh ke kota.Jadi seharusnya tidak menjadi masalah mengingat target konsumen tidak perlu pergi ke kota untuk membeli apa yang mereka butuhkan.

2. Peternakan

Beternak ayam, sapi, dan kambing tidak akan surut. Namun usaha dan bisnis ini membutuhkan kesabaran dan ketekunan yang sangat tinggi untuk merawat ternak tersebut. Keuntungan yang didapat sangat menguntungkan. Ada yang mampu dan sukses membangun rumah dengan berdagang ayam, sapi, dan kambing.

  Tips dan Strategi Merekrut Karyawan Untuk Usaha Baru

3. Kios atau Toko Kelontong

Kios atau toko kelontong memang sudah menjadi pilihan banyak orang saat mencari ide bisnis untuk dikembangkan di desa. Tidak masalah jika banyak persaingan, anda harus melakukan sedikit inovasi agar berbeda dari toko kelontong dan warung sembako lainnya.

Misalnya toko kelontong dan kedai kopi menyatu dalam satu tempat atau bisa juga mendesain toko kelontong yang bentuknya seperti mini market. Namun lokasi harus diperhitungkan dengan matang agar orang yang datang membeli dapat memarkir mobilnya dengan mudah dan tidak kesulitan menemukan toko Anda. Jalan utama di luar desa (masih paling dekat dengan desa) merupakan lokasi yang paling strategis untuk pembangunan toko kelontong. Selain warga desa, pengendara yang melintas bisa beristirahat di area dekat pertokoan.

4. Percetakan dan Fotokopi

Bagi yang tinggal di desa, peluang bisnis ini biasanya terbuka lebar. mengapa? Karena masih sedikit orang yang memiliki pengalaman di bidang desain atau percetakan. Toh, anda bisa mengembangkan bisnis ini menjadi lebih besar lagi. Mungkin pada awalnya hanya bermodal komputer dan printer.

Kemudian anda bisa mengembangkannya dengan menambahkan peralatan fotografi dan menjual peralatan desain. Contoh jasa yang dapat dilakukan adalah: desain kartu undangan, penulisan, desain billboard atau papan reklame, dan fotografi. Yang terpenting, hasil desain anda harus bagus dan menarik. Dengan demikian pelanggan secara otomatis akan mempromosikan jasa anda kepada orang lain.

5. Pertanian atau Bercocok Tanam

Pertanian merupakan salah satu contoh usaha yang sangat potensial di desa karena didukung dengan struktur tanah yang mumpuni dan lahan yang sangat strategis. Jadi ada banyak hal yang bisa digunakan. Salah satunya adalah penggunaan lahan untuk bertani , berkebun dan bercocok tanam.

Apapun bisnis yang Anda jalankan, faktor terpenting adalah kemauan untuk bersabar dan tekun dalam berusaha mengembangkan diri untuk meraih kesuksesan. Belajar dari orang – orang yang sudah berhasil pada bidang tersebut merupakan pilihan yang bijak.

Jangan lupa perhitungkan juga permodalan, target pasar serta pemasarannya karena hal-hal tersebut tetap penting dalam pengambilan keputusan.

Check Also

Tips dan Strategi Merekrut Karyawan Untuk Usaha Baru

Tips dan Strategi Merekrut Karyawan Untuk Usaha Baru

riffart.com-Membuka usaha memang tidak mudah. Beberapa hal harus dipertimbangkan sebelum membuat keputusan akhir tentang membuka …

10 Tips Menjalankan Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil

10 Tips Menjalankan Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil

riffart.com-Menjalankan bisnis kini semakin mudah, apalagi bisnis online sudah banyak diminati masyarakat. Sebenarnya banyak sekali …

Leave a Reply

Your email address will not be published.